Rabu, 09 September 2015

Ratu Elizabeth II, Ratu Terlama

Sri Baginda Ratu Elizabeth II
Sumber foto: Hello Magazine
Hari ini, Sri Baginda Ratu Elizabeth II, Ratu bagi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara, mencetak rekor bersejarah, yakni ratu/raja terlama sepanjang sejarah Britania Raya. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Ratu Victoria yang menduduki takhta Britania Raya selama 63 tahun dan 216 hari, pada tahun 1837–1901. Tepatnya, Ratu Elizabeth II yang naik takhta pada 6 Februari 1952 akan melampaui rekor moyangnya pada 9 September 2015, pukul 17.30 Waktu Musim Panas Britania atau pada pukul 23.30 WIB.

Koin khusus memperingati rekor takhta terlama.
Sumber gambar: The Royal Mint

Meskipun mencetak rekor baru, Kerajaan Britania Raya memutuskan untuk tidak mengadakan perayaan khusus untuk memperingatinya. Namun untuk menandai rekor ini, pemerintah menerbitkan koin khusus senilai £20 yang dicetak terbatas. Koin tersebut terbuat dari perak yang memuat gambar lima wajah Ratu dari muda hingga tua. Selain itu, Istana Buckingham merilis foto terbaru Ratu yang menampilkannya duduk di meja kerjanya.

Sri Baginda Ratu Elizabeth II sendiri juga tidak menggelar acara khusus untuk memperingatinya. Di hari bersejarah ini, Ratu Elizabeth II dijadwalkan mengadakan kunjungan ke Edinburgh, Skotlandia untuk meresmikan jalur kereta api. Dalam titahnya di acara peresmian tersebut, Ratu Elizabeth II tidak memberikan titah khusus untuk memperingati rekor barunya, namun ia sedikit menyinggung rekor yang ia raih, meskipun tidak secara eksplisit.

"Many including you, First Minister, have also kindly noted another significance attaching to today, although it is not one to which I have ever aspired. Inevitably, a long life can pass by many milestones; my own is no exception. But I thank you all, and the many others at home and overseas, for your touching messages of great kindness." (Queen Elizabeth II, 9 September 2015)

May Her Majesty continue to reign,
An happy and glorious reign.
God Save The Queen!
Long Live The Queen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar