Jumat, 04 September 2015

Pemakaman Katolik Jl. AR. Hakim

Di Jl. AR. Hakim, berada dalam administratif Kel. Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, terdapat sebuah Pemakaman Katolik dengan luas kira-kira 0,3 hektar. Ketika saya bersekolah di SLTP Suster, tahun 1999–2001, hampir setiap hari saya melewatinya. Namun karena pintu gerbangnya yang selalu terkunci, saya tidak pernah memasukinya.

Pada 17 Agustus 2015 kemarin, setelah upacara penurunan bendera, saya akhirnya berkesempatan memasukinya setelah secara kebetulan melihat pintunya terbuka. Berdasarkan tulisan nisan yang tertera, pemakaman ini sepertinya sudah lama ada, karena mayoritas orang-orang yang dimakamkan di sini, meninggal sebelum orang tua saya lahir. Selain itu, banyak nisan yang menggunakan aksara Cina, sehingga bisa disimpulkan banyak warga keturunan Cina yang dimakamkan di sini.

Dari semua makam, ada dua yang menarik perhatian saya. Yang pertama adalah makam atas nama Joseph Lim Kng Loy yang wafat tahun 1955. Makam ini menarik karena berhiaskan patung di atasnya. Tidak jelas patung apa, namun seperti seorang sosok perempuan yang sedang bersandar pada salib. Makam kedua menarik perhatian, selain karena letaknya di ujung pemakaman, juga karena nisannya bertuliskan bahasa Belanda, dan tertempel ukiran lambang uskup/keuskupan. Makam tersebut bernama Mgr. Pacificus Johannes Bos, O.M.Cap. yang wafat pada 21 Maret 1937.

Setelah kucari tahu, ternyata Pacificus Johannes Bos (atau ada sumber yang menyebut Jan Pacificus Bos) merupakan pemimpin pertama wilayah Gereja Katolik di Pontianak yang saat itu bernama Prefektur/Vikariat Apostolik Borneo Olandese. Kini, wilayah tersebut bernama Keuskupan Agung Pontianak. Pendeknya, Pacificus Johannes Bos bisa disebut sebagai Uskup Pontianak yang pertama.

Berikut ini adalah beberapa foto yang sempat kuambil:

Patung di atas makam Joseph Lim Kng Loy

Tampak di belakang adalah gedung asrama suster/biarawati Katolik.

Tampak di belakang adalah gedung asrama suster/biarawati Katolik.

Makam pada suster/biarawati.

Patung Yesus Kristus.

Makam Mgr. Pacificus Johannes Bos, O.M.Cap., Uskup Pontianak yang pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar