Sabtu, 08 Agustus 2015

Logo dan Tema Hari Merdeka Singapura, Indonesia, dan Malaysia 2015

Pada bulan Agustus ini, tiga negara di Asia Tenggara yang saling bertetangga akan merayakan Hari Merdeka, yaitu Singapura pada 9 Agustus, Indonesia pada 17 Agustus, dan Malaysia pada 31 Agustus. Masing-masing negara ini memperingatinya dengan logo dan tema yang berbeda. Berikut adalah logo dan tema kemerdekaan Singapura, Indonesia, dan Malaysia pada tahun 2015 ini.


Tema: Majulah Singapura – Our Golden Jubilee

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, logo Hari Merdeka Singapura pada tahun ini cukup sederhana, yakni hanya berupa kibaran bendera negaranya ditambah tulisan temanya, yaitu "MAJULAH SINGAPURA OUR GOLDEN JUBILEE". Majulah Singapura merupakan semboyan negara sekaligus judul lagu kebangsaan Singapura. Our golden jubilee berarti "ulang tahun emas kita", bermaksud bahwa tahun ini memperingati hari ulang tahun Singapura ke-50. Logo dan tema ini dipilih untuk mengajak rakyat mengenang dan mempelajari kembali sejarah dan jati diri bangsa; bagaimana perjuangan para pendahulu sehingga dalam waktu 50 tahun, Singapura bisa terus bertahan dan mencapai keberhasilan; serta bangga sebagai bagian dari Singapura dan melihat masa depan dengan penuh kepercayaan diri.


Tema: Ayo Kerja

Logo didominasi warna merah dan putih yang merupakan warna nasional Indonesia. Tulisan "70 TH" bermaksud usia kemerdekaan Indonesia yang telah mencapai 70 tahun. Angka 70 tersebut juga mengingatkan adanya pencapaian yang telah diraih Indonesia sehingga dalam usia 70 tahun, negara ini tetap tegak berdiri. Angka 70 dibentuk menyerupai kepala Garuda, simbol lambang negara Indonesia. Pada angka 7 dan 0, masing-masing terdapat empat dan lima helai bulu, melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia. Logo berbentuk lingkaran berarti semangat kerja yang tanpa batas dan tidak pernah berhenti. Adapun tema Ayo Kerja bermaksud mengajak rakyat Indonesia untuk turut aktif berpartisipasi dan bekerja secara bersama-sama demi mewujudkan harapan dan cita-cita bangsa Indonesia merdeka. Tema ini juga menjadi gerakan membangun mentalitas baru sebagai bangsa yang jujur dan penuh tanggung jawab.


Tema: Malaysia #sehatisejiwa

Logo Merdeka Malaysia tahun ini berbentuk hati yang di dalamnya bergambar peta Malaysia serta bulan dan bintang. Secara umum, logo ini melambangkan perpaduan antara Sarawak, Sabah, dan Semenanjung Malaysia yang saling membantu satu sama lain. Logo ini juga bermaksud kesatuan rakyat Malaysia yang sehati dan sejiwa dalam menjaga keamanan dan keharmonian Negara Malaysia. Hari Merdeka tahun ini mengambil tema #sehatisejiwa yang mencerminkan roh kesepaduan, kesepahaman, kekitaan, dan kemanusiaan yang dimiliki semua rakyat Malaysia. Tema ini diambil untuk menggerakkan sifat kasih sayang dan hormat-menghormati di antara rakyat, serta meneguhkan semangat patriotisme, keharmonian, dan perpaduan bangsa. Keunikan tema Malayasia adalah penggunaan tanda pagar (#) yang umum digunakan dalam media sosial. Hal ini bermaksud mengajak rakyat Malaysia di manapun berada untuk turut merayakan Hari Merdeka, tidak hanya di dunia nyata, namun juga di dunia maya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar