Selasa, 11 November 2014

Pahlawan Nasional 2014

Pahlawan Nasional 2014 (kiri ke kanan: Djamin Ginting, Soekarni Kartodiwirjo, Mohamad Mangoendiprodjo, dan Abdul Wahab Hasbullah)

Sebagai bagian dari peringata Hari Pahlawan 2014, empat orang tokoh nasional dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, antara lain:
  1. Letjen Djamin Ginting, lahir di Karo pada 12 Januari 1921 merupakan tokoh militer asal Sumatera Utara yang turut berpartisipasi menumpas pemberontakan DI/TII di Aceh dan pemberontakan Nainggolan di Medan. Ia wafat di Ottawa pada 23 Oktober 1974 ketika bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kanada dan kemudian dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.
  2. Soekarni Kartodiwirjo, lahir di Blitar pada 14 Juli 1916, tokoh pergerakan kemerdekaan asal Jawa Timur yang dikenal sebagai pemimpin pergerakan pemuda yang mendesak Ir. Soekarno untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Di era Soekarno, ia sempat bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Cina. Kemudian di era Orde Baru, ia dipercaya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung hingga wafat pada 7 Mei 1971 dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.
  3. Mayjen H. R. Mohamad Mangoendiprodjo, tokoh pejuang asal Jawa Tengah yang turut serta dalam Pertempuran 10 November di Surabaya. Ia kemudian menjabat sebagai Bupati Ponorogo, kemudian Residen Lampung hingga wafat pada 13 Desember 1988 dan dimakamkan di TMP Bandar Lampung.
  4. K.H. Abdul Wahab Hasbullah, tokoh agama asal Jawa Timur dan merupakan salah satu tokoh pendiri organisasi Nahdlatul Ulama. Ia dikenal dengan ajarannya yang menekankan pada kebebasan dalam keberagaman. Ia lahir di Jombang pada 31 Maret 1888 dan wafat di Jombang pada 29 Desember 1971 dan dimakamkan di Tambakberas, Jombang.
Keempat tokoh tersebut juga menjadi Pahlawan Nasional pertama yang dianugerahi oleh Presiden Joko Widodo. Dengan dianugerahkannya empat pahlawan baru, jumlah Pahlawan Nasional Indonesia kini bertambah menjadi 163 orang. Berikut daftar lengkap 163 Pahlawan Nasional Indonesia:

Pahlawan Nasional Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar